teknologi sederhana penjernih air

Teknologi Sederhana Penjernih Air

Air bersih merupakan hal yang harus di dapatkan oleh makhluk hidup di bumi ini. Namun, karena cuaca ekstrem dan juga banyaknya penduduk yang tidak ramah terhadap lingkungan, air bersih merupakan hal yang cukup susah didapatkan. Akibat tidak terpenuhinya air bersih, dapat mengakibatkan orang yang mengkonsumsinya menderita penyakit infeksi salmonella, E-coli bakteri dan berbagai bakteri lainnya. Akibat tidak terpenuhinya air bersih dapat adalah diare, gejala lambung, dan penyakit pencernaan lainnya.
Sebagai solusi atas permasalahan diatas, berikut ini ada teknologi sederhana untuk menjernihkan air. Sebuah kotak filter yang dapat merubah air kotor menjadi air bersih. Air kotor yang sudah di filter dengan alat dibawah ini dapat membuat air menjadi layak minum/ dikonsumsi. Anda dapat membuat sendiri dirumah, karena teknologi yang diterapkan tidaklah rumit dan cukup sederhana. 
Peralatan:
  1. 2 buah drum
  2. Pipa penghubung
  3. Pasir
  4. arangkerikil
Agar lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar box penjernih air dibawah ini:
Gambar box penjernih air

Cara kerja alat:
Air kotor dituangkan ke atas sebuah tangki yang berisi lapisan pasir, arang dan kerikil. Berbagai lapisan seperti pasir, arang, dan kerikil dapat menghilangkan bakteri yang tercampur dalam air kotor tadi. Air bersih mengalir melalui selang / pipa ke dalam tangki penyimpanan air. Air ini sekarang aman untuk diminum. Ini adalah teknologi sederhana membantu orang hidup lebih aman dan lebih lama. Agar lebih aman untuk dikonsumsi, anda dapat memasaknya lebih dahulu, karena perubahan air kotor ke air bersih ini hanya dapat digunakan untuk mencuci, mandi, dan memasak. 
Sekian  sedikit ulasan tentang Teknologi sederhana penjernih air, semoga dengan terpenuhinya air bersih dapat meningkatkan kesehatan kita sehingga dapat menunjang kita untuk berpikir produktif dan berkarya menghasilkan sesuatu yang berguna bagi bangsa Indonesia.

Komentar

Postingan Populer